Terima kasih Telah Berkunjung!

SELAMAT DATANG DI BLOG BEGINIBEGITUU

Baca!

SELAMAT DATANG DI BLOG BEGINIBEGITUU

Pelajari!

SELAMAT DATANG DI BLOG BEGINIBEGITUU

Amalkan!

SELAMAT DATANG DI BLOG BEGINIBEGITUU

Prev Next

Musik Metal

Siapa yang tidak mengenal atau tidak pernah mendengar kata 'musik' di dunia ini. Setiap orang di dunia ini pernah mendengarnya. Terdapat berbagai macam aliran musik yang telah kita ketahui sampai saat ini terutama di indonesia mulai dari keroncong, dangdut, pop hingga aliran yang sangat keras seperti metal. Berhubungan dengan musik, hobi saya adalah mendengarkan musik salah satu genre yang saya gemari adalah metal musik.
Metal musik yaitu genre musik rock yang dikembangkan pada akhir 1960-an dan awal 1970-an, terutama di Inggris dan Amerika Serikat. Dengan berakar di blues rock dan psychedelic rock, band-band yang menciptakan heavy metal mengembangkan suara, tebal besar, ditandai dengan distorsi yang sangat diperkuat, diperpanjang solo gitar, ketukan tegas, dan kenyaringan keseluruhan. Lirik heavy metal dan gaya kinerja umumnya dikaitkan dengan maskulinitas dan kejantanan.
Band-band metal pertama seperti Led Zeppelin, Black Sabbath dan Deep Purple menarik khalayak yang besar, meskipun mereka sering kritis dicaci maki, suatu status yang umum sepanjang sejarah genre. Pada pertengahan 1970-an Judas Priest membantu memacu evolusi genre dengan membuang banyak pengaruh blues. Motorhead memperkenalkan sensibilitas punk rock dan meningkatnya penekanan pada kecepatan. Band dalam New Wave of British Heavy Metal seperti Iron Maiden diikuti dalam nada yang sama. Sebelum akhir dekade ini, heavy metal telah menarik perhatian penggemar di seluruh dunia dikenal sebagai "metalheads" atau "Headbangers".
Pada 1980-an, glam metal menjadi kekuatan komersial yang cukup besar dengan kelompok-kelompok seperti Mötley Crüe dan Poison. Adegan Underground menghasilkan array yang lebih ekstrim, gaya agresif: thrash metal pecah ke dalam mainstream dengan band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer, dan Anthrax, sedangkan gaya-gaya lain seperti death metal dan black metal tetap fenomena subkultur. Sejak pertengahan 1990-an, gaya populer seperti nu metal, yang sering memasukkan unsur grunge dan hip hop, dan Metalcore, yang memadukan logam ekstrim dengan hardcore punk, telah memperluas definisi genre.
perkembangan musik metal berevolusi menjadi beberapa genre hingga saat ini, beberapa diantaranya seperti :

70'an

Heavy Metal awal 70'an digawangi oleh band-band seperti Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple, Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni. Pada akhir 70'an munculah New Wave oF British Heavy Metal yang dipelopori Motorhead, NWOBHM menggabungkan Punk dan Heavy Metal. Band-band NWOBHM lainya adalah Iron Maiden, Saxon, Venom, Diamond Head, dan lain lain.

Awal 80'an

Awal era 80'an Di gawangi oleh band-band NWOBAM seperti Motorhead, Iron Maiden, Venom dan Diamon head. Heavy Metal akhirnya bertabrakan dengen musik Pop hal ini memunculkan genre yang disebut Glam Metal, Glam Metal berhasil menerobos chart-chart papan atas, hal ini menyebabkan Heavy Metal lebih tersebar cepat di seluruh dunia

Underground Metal: 1980, 1990, dan 2000-an

Thrash metal dan Speed metal
Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm Downstroke pada Thrash metal oleh band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax yang dijuluki Big Four Of Thrash. Di San Francisco ada Testament dan Exodus di New Jersey ada Overkill dan Sepultura dari Brazil. Sedangkan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motörhead (akhir-akhir), Iron Angel, Anthrax. Sedangkan musik Thrash metal yang berasal dari Eropa adalah seperti, Kreator dan Destruction, keduanya dari negara Jerman.
Death metal
Pada tahun 1990'an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti Grindcore dipelopori oleh Napalm Death dan Brutal Truth, berkembang pada 1991 menjadi Death metal Scandinavia oleh Entombed, Dismember, Unleashed, dan At The Gates. Melodic Death metal yang berasal dari Gothenburg Swedia lalu berkembang di Finlandia dan Norwegia oleh band-band seperti Arch Enemy, Dark Tranquillity, Disessction. Kemudian ada istilah yang digunakan yaitu, Techical metal di pioniri oleh Cynic, Atheist, Meshuggah, Death. Progressive Death metal yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak menggunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah Opeth, Pestilence, Death, Novembre dan mungkin Progressive metal oleh Dream Theater, Queensryche, dan Fates Warning.

Black metal
Aliran ini muncul sekitar awal dan pertengahan tahun 1980-an, yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti Venom, Hellhammer, Celtic Frost, dan Bathory. Pada akhir 80-an band Mayhem dan Burzum mengarah kedalam black metal gelombang kedua.

Sebenarnya masih banyak lagi perkembangan genre dari musik Mental itu sendiri ini hanya beberapa dari perkembangannya. Musik metal di indonesia sendiri sudah lumayan besar masanya dengan masa yang sebagian besar digemari oleh remaja di indonesia. Semoga dunia musik di indonesia terus berkembang dan terus maju dengan ide-ide dan kreatifitas yang baru. Salam pecinta musik di seluruh dunia ini.

Sumber : wikipedia

Leave a Reply